Sekelumit cerita dari kampus karangwangkal (oleh-oleh reuni akbar Fabio Unsoed 2008 –Fabio Balik Kampus)


Sejak kira-kira bulan Oktober 2008 yang lalu aku mendapatkan berita dari mailing list Unsoed, bahwa pada tanggal 27-29 Desember 2008 akan dilaksanakan reuni akbar semua angkatan,…
Mendengar berita tersebut aja, aku udah seneng, palagi mbayangkan akan dateng ke acara tersebut bersama teman-teman perjuangan satu angkatan,... Rasanya sudah nggak sabar ingin ke kampus dan melepas rindu pada kampus juga teman-teman yang telah menjadi keluarga keduaku,...

26 Desember 2008
Jam 16.00

Aku mendaftar ulang ke kampus, ditemani Fajar ”jay”, ternyata belum banyak yang mendaftar ulang, kalau tidak boleh dikatakan sepi. Yaah kira-kira baru 100 orang yang mendaftar ulang, padahal kalau dihitung dari total alumni (yang katanya sudah meluluskan 3000an, maka angka tersebut masih teramat kecil, baru 3%-nya). Disana kami jumpa pak Setijanto (ini dia dosen pembimbing skripsiku dulu yang sekaligus jadi inspirator serta motivatorku), pak Uki, pak Edi Yuwono, bu Ani Ekologi, bu Triana mantan Dekan, bu Purnowoti (Dekan yang sekarang) dsb.

Sempat ragu juga, daftar nggak yaah, namun akhirnya kami mendaftar juga, sekalian mendaftarkan Mimin. Kami berharap besok akan lebih banyak yang datang, terutama dari angkatan 1996. Jujur, aku kangen banget ama teman-teman satu angkatan, karena ternyata aku nggak jumpa dengan beberapa dari mereka udah kurang lebih 7 tahun, bukan waktu yang singkat kan? Banyak dari teman-temanku yang nggak kuketahui kabarnya, so aku kangen banget ama mereka euy,...
Sayangnya, suamiku tercinta, mas Burhanuddin Subekti, yang kebetulan angkatan 1993 juga nggak bisa hadir, karena dia masih di Padang.

27 Desember 2008
Jam 10.00

Aku baru bisa ke kampus jam 10.00, padahal acara jalan santai dimulai sejak jam 7.30 tadi, maklum aku dari Ajibarang. Sebelumnya aku singgah ke hotel Darajati di Jalan HR Bunyamin untuk jumpa Mila dan suami yang kebetulan datang ke purwokerto untuk kondhangan, katanya dia nggak bisa dateng ke reuni (Sekilas info : Mila baru dateng liburan dari Australia, ambil Master-nya disana, so libur kali ini dia manfaatkan untuk berkumpul denggan keluarga, dateng ke reuni pun hanya sebentar).

Ketika sampai di kampus, ternyata ada parade band antar SMU di halaman samping (yang dulu ada sekre Senat-nya), dan di sekitar kampus sedang dilaksanakan penanaman dengan koordinatornya pak Teguh (nggak tau angkatan berapa, tapi yang pasti beliau sekantor ama Mila di Litbang Departemen Kehutanan, di Yogyakarta). Aku dan Mila sempat bengong, tengak-tengok kok nggak ada yang dikenal yaah?

Lalu tak lama kemudian kami jumpa dengan Latri, teman yang satu ini ternyata udah jadi bu Guru di perguruan Al Irsyad Purwokerto, ngajar SD-nya. Kita ngobrol ngalor ngidul, Latri cerewet lho, banyak menanyakan kabar teman-teman 96 yang lainnya, n aku jelaskan kabar teman-teman satu per satu, itupun yang aku tahu.

Jam 11.00an,...
Aku belum jumpa lagi dengan teman-teman angkatan 1996. aku berharap minimal teman-teman yang domisili di di Purwokerto dan sekitarnya bisa hadir, agar kita bisa melepas rindu satu sama lain (cie, bahasanya,...)
Aku mencoba mengontak beberapa teman yang kuketahui domisili di Purwokerto, Purwono (dia domisili di Purwokerto), Konang (dia domsili di Baturaden), Siti Musrifah (dia domisili di Cilacap), tapi mereka nggak bisa hadir karena sesuatu dan lain hal. Aku tahu beberapa teman lainnya juga ada yang domisili di Purwokerto dan sekitarnya, tapi aku nggak tahu no telp yang bisa dihubungi, seperti Rebeka, Lejar, Agus Pribadi.
Aku jadi nggak semangat euy,...sempat berpikir, waduh aku jauh-jauh kok nggak ketemu siapapun, gimana ini,.. padahal waktu ketemu di Jakarta bulan Oktober yang lalu, katanya teman-teman di Jakarta akan berangkat rombongan pakai bus, haha,...ternyata tidak seindah angan-angan kita yaah,...

Lalu aku dan Mila sempat berkeliling kampus hingga ke sekre UPI (secara kan kami berdua juga dulu aktif di UPI, hehe,..), lalu balik lagi ke taman tengah kampus, dan disanalah kami jumpa dengan Saefudin Aziz (pak dosen Fabio kita nih), mas Isroi_93 (inget beliau kan, beliau kan asisten praktikum kita dulu, sekarang jadi peneliti di Bogor, aku lupa instansinya) dan istrinya mba Hepi_95, mas Nursid_94 (beliau ketua Senat Mahasiswa, jaman tahun 97’an, sekarang jadi peneliti Departemen Kelautan dan Perikanan di Jakarta), mas Wino_94 (yang ini senang basket, dan kalau nggak salah dulu dia aktif di Bio Explorer), sekarang bekerja di JICA_bogor). Hanya itu yang aku kenal dari angkatan 1993 s.d 1996, dikit banget yaah,...
Untungnya, kekecewaan itu terobati dengan adanya sroto sokaraja yang disajikan di gubug-gubug di lorong-lorong depan perpustakaan, laboratorium, juga ada makanan khas Banyumas lainnya, gethuk sokaraja, sate kambing banaran, mendoan hangat (baru nggoreng lho,...)

Lalu setelah penanaman, acara selanjutnya adalah work field, pura-puranya kita praktikum lagi, mengenang jaman-jaman kuliah dulu, ke laboratorium, tapi aku nggak ikut. Aku justru duduk di taman tengah sendirian, menikmati mendoan hangat, yummy banget yaah,...

Waktu itu juga aku jumpa dan berkenalan dengan beberapa kakak kelas yang usianya jauh di atasku, ada mas Bayu Aji_90 (aku kenal beliau gara-garanya salah kirim email, aku pikir beliau itu Bayu Aji_97), lalu ada mas Ikhsan_91 (katanya sih aktifis Rohis dulunya), lalu kita ngobrol juga dengan mas Erwin dosen kita yang keriwil n kacamataan itu lho,..

Acara berlangsung hingga jam 15.00, kemudian istirahat dan berkumpul lagi setelah maghrib, dengan acara Malam Keakraban serta Pentas Hiburan.

Ba’da maghrib (jam 19.00) aku ke kampus sendirian, kemudian aku berjumpa dengan mas Cahyo Saptono_94 yang keriwil itu lho, yang orang Purworejo (beliau sekarang jadi Kepala Desa di Purworejo sana, sekaligus buka usaha printing), juga jumpa dengan mas Dzawinnuha_92 dengan istrinya, Husna_95 (beliau juga jadi Kepala Desa di Rembang sana, juga buka usaha wirausaha konveksi).

Lalu setelah mereka asik dengan teman teman lamanya, aku kembali bengong, akhirnya aku memutuskan masuk ke ruangan 4 (masih inget kan ruangan yang besar di sayap kiri kampus kita???), ternyata ruangan 3 dan 4 sudah disetting sedemikian rupa menjadi arena malam hiburan yang fantastis,...

Aku duduk di dalam dengan Latri, kemudian juga kadang kala ngobrol dengan mas Bayu Aji_90. aku nunggu-nunggu Jay dengan Tekun, katanya mereka mau dateng, tapi kok belum kelihatan juga yaah??

Jam 21.00 baru Jay dan Tekun dateng dengan rombongan BE-nya (aku lupa beberapa, yang aku inget ada mas Dhani_Kuncung_93, mas Wino_94, yang lainnya lupa nama tapi hapal wajah). Lihat mas Dhani_kuncung jadi inget bahwa aku pernah suka ama suara dia yang tipe penyiar radio, wakakak, jadi ketahuan nih,... Secara kan, kalau dia lagi ngomong jaman Opspek maupun acara lainnya, kaya’nya kok menghipnotis, huaaa segitunya,...

Lalu aku nggak bisa ngikutin acara hingga selesai, karena aku numpang nginep di rumah kawan, ya otomatis sungkan kalo pulang malem-malem, so aku pulang jam 21.30.

yang pasti malam itu sebenere acarane rame lho, bu dekan aja nari, dengan ibu-ibu dharma wanita lainnya,...
trus ada ketoprak dengan pemainnya pak slamet "killer" kimia, dan sebagainya,...

esok siangnya, aku balik ke yogya janjian ama tri widayat (dia ikut acara reuni hari ahad-nya, n katanya nobody he known there,..hiks,..)

demikian sekilas info dari acara reuni-an,...
moga2 di lustrum 5thn yang akan datang, kita bisa datang semua yaah,...
nabung dari sekarang yaah,...

Komentar

  1. Namanya juga reuni, yang paling berkesan adalah romantismenya, semoga reuni di waktu mendatang bisa ikut

    BalasHapus
  2. masa lalu memang selalu terasa indah jika kita review dari satu titk dimasa sekarang. biasanya hal-hal tragis dan jelekpun tetap saja terasa "lucu" untuk dikenang lagi...
    berhubung kamu penutur yang cukup piawai dan mampu ber-deskripsi dengan baik... gimana kalo kamu nulis biografi mu Tin....

    BalasHapus
  3. kampus biru...fabio unsoed...
    thanks ya tin...baca tulisanmu sedikit jadi pengobat kangen dengan fabio...semoga lustrum yang akan datang kami sekeluarga dapat menghadirinya...

    BalasHapus
  4. Duh...ketemu juga dengan alumni fabio meski cuma lewat cerita. Moga dalam waktu dekat ada temu almumni lagi. Nice blog.....

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pria-pria yang ganjen dan gatal

Disiplin dan Resolusi

Lagu Indonesia Raya, kapan terakhir Anda menyanyikannya?