Minggu, Maret 13, 2016

Lagu Indonesia Raya, kapan terakhir Anda menyanyikannya?

Tadi pagi teman saya mengutarakan pendapatnya melalui sebuah grup Whatsapp, “Barusan aku merinding, menyanyikan lagu Indonesia Raya, karena lama banget tidak menyanyikannya.”
Tuing, aku pun membatin, iya ya.  Kemudian kulanjutkan dengan mengetikkan pendapatku “Toss, Jeng. Aku pun kalau menyanyikan lagu Indonesia Raya juga merinding. Juga jika menyanyikan lagu Padamu Negeri. Pantesan para atlet itu kalau menyanyikan lagu Indonesia Raya ketika dia menang sebuah pertandingan, pasti mereka nangis ya?”
Pelan, kugeletakkan telepon selularku, kemudian diam hidmat dan pelan-pelan kunyanyikan lagu kebangsaan Republik Indonesia, Indonesia Raya.
Indonesia tanah airku, tanah tumpah darahku
Di sanalah aku berdiri, jadi pandu ibuku
Indonesia kebanggaanku, bangsa dan tanah airku
Marilah kita berseru, Indonesia bersatu

Hiduplah tanahku, hiduplah negeriku
Bangsaku rakyatku, semuanya
Bangunlah jiwanya, bangunlah badannnya
Untuk Indonesia Raya

Reff :
Indonesia raya, merdeka merdeka
Tanahku, negeriku yang kucinta
Indonesia raya, merdeka merdeka
Hiduplah Indonesia Raya

Dulu jaman kita sekolah, bagiku sangat biasa jika menyanyikan lagu Indonesia Raya, minimal setiap hari Senin, malah kita menyanyikannya dengan ogah-ogahan. Tapi sekarang, setelah hampir 19 tahun kita jarang menyanyikannya lagi, ternyata dampaknya sangat luar biasa ya?
19 tahun?? Iya, karena 19 tahun silam saya lulus SMA, itu artinya saya menyanyikan lagu Indonesia Raya setiap upacara hari Senin di sekolah.  Setelahnya, saya hanya melaksanakan upacara beberapa kali, ketika masih tahun awal kuliah.  Tahun awal kuliah, tahun 1996-1997, masih lah beberapa kali ikut upacara dan beberapa kegiatan yang rangkaian acara salah satunya adalah menyanyikan lagu Indonesia Raya.  Dan lama kelamaan kebiasaan itu berkurang, dan bahkan tidak dilakukan sama sekali. 
Hingga kemudian, tahun 2003 saya diangkat menjadi PNS.  Sejak saat itulah, saya agak sering mengikuti upacara bendera, biasanya pada hari kemerdekaan RI, hari besar nasional, hari bhakti rimbawan setiap tahunnya.  Saat itu mulai serius ketika menyanyikan lagu kebangsaan RI.
Dan tahu tidak, rasanya memang luar biasa ya, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya secara khidmat, apalagi meresapi setiap kata per kata.  Luar biasa, saya merasa merinding, timbul nasionalisme walau seujung kuku. 
Hingga kemudian saya sadari bahwa momen menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sangat jarang, hanya di upacara-upacara tertentu, yang mungkin dalam setahun bisa dihitung dengan jari. 
Momen menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya itu semakin terasa nasionalismenya, ketika pada tahun 2010 saya berkesempatan menyanyikannya di Gedung Kedutaan Indonesia di Tokyo, Jepang.  Saat itu, sebagai salah satu pelajar Indonesia yang berkesempatan mendatangi sebuah acara kenegaraan di Kedutaan, tidak ingin melewatkan sebuah momen pun. 
Saat itu, dada saya bergemuruh rasanya, antara bangga, haru dan segala macam perasaan yang ada.  Hingga saya berpikir, oooh begini kah rasanya menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya di negeri asing?
Terbayang ketika para atlet olahraga menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya setelah penganugerahan medali dalam sebuah event kompetisi.  Terlebih ketika sang saka merah putih juga dikibarkan bersamaan dengannya.  Pasti sangat luar biasa perasaan mereka yang menyanyikannya. 
Kemudian Anda masih hapal dengan lagu kebangsaan Indonesia Raya kan?  Izinkan saya bertanya, kapan Anda menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya ini terakhir kalinya?  Jangan-jangan entah kapan Anda menyanyikannya.
Padahal jika Anda pahami, Indonesia Raya, dua kata yang punya arti mendalam.  Cita-cita luhur dari para pendiri negara ini.  Mari kita nyanyikan kembali, resapi kata-katanya, dan wujudkan dalam setiap tindakan kita, agar Indonesia Raya benar-benar terwujud!

Sleman, 14 Maret 2016

6 komentar:

  1. Alhamdulilah aku ibu trumah tangga tulen dan malahan hampir tiap pagi menyanyikan Indonesia raya...penuh penghayatan pula lhoo...dan penuh harapan besar...agar anak segera bangkit dr kasur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kereen! Salah satu tip cara membangunkan ananda, bahkan ananda pasti secara tidak sadar ikut menyanyikan lagu Indonesia Raya.

      Hapus
  2. Balasan
    1. Waaah, Kereeen! Arisan PKK-nya pakai lagu Indonesia Raya plus mars PKK y mb anjas?

      Hapus
    2. Waaah, Kereeen! Arisan PKK-nya pakai lagu Indonesia Raya plus mars PKK y mb anjas?

      Hapus