Kekuatan Kick Andy show,….


Aku sangat suka nonton acara Kick Andy di metro tv setiap pekannya, setiap Jumat malam aku tunggu acara tersebut, kalaupun tidak bisa nontonnya, aku usahakan nonton siaran ulangnya setiap hari Ahad siang, dan setiap pekan aku selalu membuka website-nya, www.kickandy.com, karena dari web tersebut bisa diketahui apa topik yang akan diangkat pada kesempatan yang akan datang.

Banyak hal positif yang aku peroleh dari tontonan bermutu semacam Kick Andy, karena ide-idenya sangat brilliant, sangat memotivasi kita untuk berpikir dan berbuat lebih, lebih dan lebih baik lagi. Banyak hal yang aku peroleh dari tontonan semacam itu, karena because of Kick Andy, I am become smart become informed (kaya moto-nya metro tv ^_^)

Jujur, aku terkadang malu dan tersadar setelah nonton acara Kick Andy, karena tak jarang aku sangat kufur nikmat, tidak mensyukuri nikmat yang telah Allah berikan padaku secara cuma-cuma. Di Kick Andy, sering ditampilkan orang-orang yang menurutku “kurang beruntung” karena kondisi fisiknya yang tidak sempurna, karena kemampuan finansialnya, tidak dapat mengenyam pendidikan dengan baik, kesulitan transportasi karena aksesibilitasnya, ataupun karena label lainnya, hingga kita mengecap mereka ”kurang beruntung”, namun ternyata aku salah besar,…!!!

Mereka justru orang-orang yang sangat hebat, karena dalam keterbatasan mereka telah berbuat nyata bagi hidup ini, bagi lingkungannya. Sebagai contoh ketika Andy F Noya menampilkan orang yang menyisihkan uangnya dari berjualan gordyn untuk membuka perpustakaan gratis bagi masyarakat sekitarnya, aku tercenung, apa yang sudah aku buat untuk lingkunganku, ternyata nihil, aku belum berbuat apapun, malah aku hanya mengeluh kekurangan finansial, mengeluh ini itu,..

Lalu ketika ditampilkan pasangan suami istri, yang mana sang istri masih tetap setia mendampingi sang suami yang karena kecelakaan dia menjadi cacat, wooow amazing banget,... Aku malu, bisakah aku sekuat sang istri, ketika didera cobaan yang sama? Alangkah malunya aku,.. betapa aku selama ini sangat kufur nikmat, kurang mensyukuri nikmat yang telah Kauberikan cuma-cuma.

Di lain kesempatan, ketika Kick Andy menampilkan tentang SD Muhammadiyah di Belitong sana (sebagai latar belakang lahirnya cerita Laskar Pelangi) dan beberapa sekolah yang tak layak dikatakan sekolah, lagi-lagi aku harus bersyukur bahwa aku sekolah sejak SD, SMP, SMA, hingga Universitas di tempat yang layak dan mudah ditempuh. Hingga aku tak perlu menyeberangi sungai untuk mencapainya, tidak perlu berjalan hingga berpuluh-puluh kilometer untuk menuntut ilmu. Padahal dulu sekali, aku sempat tidak bersyukur dengan berangan-angan betapa indahnya jika ada yang mengantarku dengan mobil, betapa indahnya jika aku diberi sepeda motor untuk mendukung keberangkatanku ke sekolah, aku pun berangan-angan betapa indahnya jika orang tuaku kaya dan memberikanku kesempatan les ini itu, seperti angan-anganku. Sekali lagi, aku salah besar,..!! Aku harus bersyukur pada karunia-Nya, hingga orang tua dan kakak-kakakku dapat menyekolahkanku hingga ke jenjang Universtitas, sementara orang tuaku hanya bersekolah sampai SR namun mereka sangat ingin anaknya maju, bersekolah hingga batas kemampuanku,....

Ya Allah, betapa sangat kurang ajarnya aku ini, betapa sangat kufur nikmat, atas limpahan rahmat dan anugerah yang telah Kau berikan, astaghfirullahal ’adziim,....
Untungnya ada acara semacam Kick Andy, ini menjadi semacam penyeimbang di anatara serbuan sinetron, infotainment (yang kadang menjadikan kita kufur nikmat, karena melihat kekayaan orang-orang di acara tersebut, berangan-angan seandainya kita sekaya mereka, tanpa mensyukuri apa yang sudah kita miliki sekarang,...).
Mungkin kita semua harus mengubah moto kita, apa yang sudah kita lakukan bagi lingkungan kita, apa kita sudah jadi orang yang bermanfaat bagi sesama,... Subhanallah, betapa kerdilnya kita ini di hadapan Yang Maha Kuasa,...
Sekarang aku mau buka website-nya Kick Andy lagi, membaca kebaikan apa lagi yang akan disebarkan oleh acara ini di masa yang akan datang,...????

Komentar

  1. nah....gitu dong Tin....sesekali posting materi2 yang lebih bermanfaat utk pembacamu.. yang sudah2 kamu cuma posting hal-hal yang pure "masalah" pribadimu..
    kan Blog pribadi akan lebih bermanfaat utk orang banyak kalo isinya bisa memberi pembelajaran atau pencerahan bagi mereka yang mengunjunginya...
    ya, dengan demikian setidaknya kamu sudah berbuat dan bermanfaat utk orang lain, seperti program kick andy yang sama2 kita kagumi itu... tul gak?????

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pria-pria yang ganjen dan gatal

Disiplin dan Resolusi

Lagu Indonesia Raya, kapan terakhir Anda menyanyikannya?