Oleh-oleh Silaturahim ke Citra Media Group

Bagi para penulis dan calon penulis seperti anggota Ibu-Ibu Doyan Nulis ini, menjalin link dengan para penerbit adalah sebuah keharusan.  Karena dari situ lah kita bisa mengetahui bagaimana tipe masing-masing penerbit, bagaimana kekhasan masing-masing penerbit, apa yang diminati masing-masing penerbit, dan tentu saja menjalin link dengan penerbit.
Tidak sedikit calon penulis serta penulis pemula yang tidak mengetahui hal-hal tersebut di atas.  Dan seringkali hal ini menjadikan kita menjadi ragu untuk menulis dan menghasilkan karya.  Tidak jarang kita beranggapan bahwa sungguh sulit untuk menembus penerbit.  Padahal jika kita berusaha tanpa kenal lelah, dengan mengetahui jalannya untuk menembus penerbit, maka insya Allah segala usaha kita akan berbuah manis,. J
Ada beberapa penerbit yang ada di Yogyakarta, dan diantaranya adalah penerbit Citra Media Group.  Penerbit yang satu ini berada di Timoho, selatan UIN Sunan Kalijaga.
Mba Fika Faila Sufa, yang selama ini sudah menulis dan berjodoh dengan Penerbit Citra Media Group, membuatkan janji ketemu teman-teman IIDN Jogja dengan pihak Citra Media Group.  Great, kopdar illegal yang sangat bermanfaat, insya Allah,. J
Jadilah beberapa mbak-mbak cantik anggota IIDN Jogja pada hari Sabtu, 21 Juni 2014 mendatangi kantor Citra Media Group, untuk sekedar bersilaturahim dan menjalin kerjasama.  Kami berenam, yaitu Fika Faila Sufa, Irfa Hudaya, Liya Swandari, Nurcahyani Dewi, Etyastari dan saya, berharap banyak hal yang bisa kita peroleh dari silaturahim kali ini.
Kami berenam diterima oleh Bapak Agung, selaku pemilik Citra Media, serta salah seorang editor, mas Erick Namara.  Banyak hal yang dishare pada kesempatan kali ini, bahkan mereka berdua sangat antusias  dan berterima kasih pada teman-teman IIDN Jogja yang telah berkenan hadir.
Guys, agar lebih simpel, saya akan langsung menyimpulkan, apa-apa saja yang kita dapatkan dari silaturahim singkat ini.
ü Citra Media Group sangat welcome dengan teman-teman IIDN Jogja yang akan mengajukan naskah.
ü  Selama ini genre yang paling laku dari buku-buku Citra Media adalah : anak-anak, fiksi, agama, penunjang pelajaran, serta resep masakan.  Walau ada 5 genre tersebut, namun tidak menutup kesempatan pada masuknya naskah masuk selain 5 genre tersebut.
ü  untuk naskah-naskah tersebut, Citra Media Group menerapkan sistem bagi hasil (atau kita lebih sering mengenalnya sebagai sistem royalty) maupun sistem beli putus.  Adapun sistem apa yang akan diterapkan, terkait dengan naskah yang kita masukkan, serta negosiasi langsung dengan pihak Citra Media Group.
ü  Naskah yang dimasukkan bisa berupa draft,  dengan komposisi :
1)     Outline;
2)    Contoh naskah 1 bab;
3)     Synopsis;
4)    Curiculum vitae penulis;
5)    Selling point dari buku kita apa.
Untuk kemudian akan disepakati oleh penerbit dan penulis tentang kapan deadline  naskah komplit akan masuk ke penerbit.
ü  Contact Person yang bisa dihubungi adalah mas Erick Namara, di email ericknamara@gmail.com, facebook Erick Namara, facebook Citra Mediagroup.
Hmmm,. Ternyata begitu tho cara masuk ke penerbit.  So, mari kita menulis dan menulis, semoga segera berjodoh dengan penerbit,.
Semangat ya teman,.. J :*





Gambar suasana diskusi di kantor Citra Media Group :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pria-pria yang ganjen dan gatal

Disiplin dan Resolusi

Lagu Indonesia Raya, kapan terakhir Anda menyanyikannya?