Sebar Semangat untuk Tetap Menulis (Kopdar IIDN Yogya)

Menulis, merupakan salah satu hobi yang menarik, hobi yang menjadi passion bagi beberapa orang. Sebuah hobi, yang kemudian dijadikan sumber penghasilan bahkan kepuasan bagi sebagian orang yang lain. Sebuah hobi yang kemudian menjadi penjembatan beberapa ibu-ibu yang sebelumnya belum mengenal satu sama lain. Sebuah hobi yang kemudian menelurkan komunitas baru IIDN (Ibu - Ibu Doyan Nulis) Yogyakarta. 

Awalnya komunitas ini didirikan oleh Teteh Indari Mastuti, yang kemudian menyebar ke beberapa kota di Indonesia, termasuk salah satunya Yogyakarta. Seperti halnya saya, mengenal IIDN pun karena ulasan di media cetak dan media elektronik (saya lupa dimana dan apa nama liputannya). Intinya, saya akhirnya mengetahui bahwa IIDN adalah sekumpulan Ibu - ibu yang Doyan Nulis. Berbekal om Google, kemudian saya mencari lebih lanjut apa IIDN tersebut.

Dan singkat kata, ketemulah saya dengan Grup Ibu-Ibu Doyan Nulis - Interaktif dan IIDN Yogya di facebook. Sebuah komunitas dunia maya yang saya temui yang saya harapkan bisa membantu saya bagaimana menulis bagus, dan layak tayang tentu saja. :) Kemudian bulan lalu saya akhirnya datang ke acara kopi darat mereka di sebuah rumah makan di Yogyakarta. Sebuah kopi darat yang menarik. Bayangkan beberapa ibu-ibu (bahkan para mbak-mbak) yang suka menulis, berkumpul, dan banyak dari kita-kita yang belum mengenal satu sama lain. Kemudian lagi, share ilmu dari penulis yang sudah menulis banyak buku, yaitu mas Dwi Suwiknyo. Dan asyiknya lagi adalah, kita semua pulang membawa kado silang yang kita siapkan sebelumnya. Oke, it looks great. Aku sudah kecanduan IIDN niih,.! :)

Undangan datang di postingan IIDN Yogya, mengingatkan bahwa pada hari Minggu, 8 Desember 2013 ini kita akan kopi darat lagi, di rumah sang ketua, mbak Astuti, di Sleman. Tak sabar rasanya untuk bisa sharing tentang banyak hal. Walaupun sebenarnya malu, karena agenda hari ini salah satunya adalah membahas project jangka pendek kita. Lha bagaimana tidak malu, karena saya belum buat tulisan sedikitpun, hehe :) 

Dan akhirnya karena kesibukan masing-masing, pada kesempatan kali ini hanya 9 (sembilan) orang yang dapat hadir, tetapi itu tidak mengurangi semangat kami. Semangat untuk sharing semangat menulisnya, untuk saling menceritakan progress menulis masing-masing, dan saling memberikan masukan satu sama lain. Kemudian kita mengulas beberapa buku sepintas, dan juga mengulas kegagalan maupun keberhasilan dari rekan-rekan. Hingga intinya, kalau mereka saja bisa menulis, kenapa kita tidak bisa. Karena tidak ada seorang pun yang tidak bisa menulis, sepanjang dia mengenal huruf (Sorry Et, saya quote bahasamu tadi :)).

Dan ketika masing-masing menceritakan project pribadinya,seperti mb Dede (new comer) yang datang dengan ide luar biasa,tetapi merasa tidak bisa menulis,padahal dari ceritanya beliau,beliau pernah nulis naskah drama Jepang untuk ujian. See, you have talent, mbak,. :) 

Mungkin kita selama ini menganggap menulis itu pekerjaan yang terlalu di awang-awang, yang kita sulit mewujudkannya. Nah dengan berkomunitas, kita saling mengingatkan, saling mendukung satu sama lain, dan berkarya bersama, insya Allah.

Komentar

  1. Wah, keren euy bisa kopdaran :D Mbak, blognya udah lama ternyata, ayoo di ramein lagi ^^

    BalasHapus
  2. mbak ntar pertemuan IIDN Jogja berikutnya mbok di tengah kota... agar mudah dijangkau oleh orang yg mengandalkan angkutan umum seperti diriku ini lhoo...

    BalasHapus
  3. salam kenal mba, semoga IIDN Yogya makin keren yaaa...

    Dedew, korwil IIDN Semarang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pria-pria yang ganjen dan gatal

Disiplin dan Resolusi

Lagu Indonesia Raya, kapan terakhir Anda menyanyikannya?